KULTUR SEKOLAH

 

NAMA                                    : WIWID SITI HIDAYAH

NIM                            : 11901106

KELAS/SEMESTER : PAI G/4

MAKUL                                 : MAGANG 1

TOPIK                        : KULTUR SEKOLAH

 

PENGERTIAN KULTUR SEKOLAH

Secara etimologis, budaya berasal dari bahasa Inggris yakni culture. Culture atau diterjemahkan budaya adalah serangkaian aturan yang dibuat oleh masyarakat sehingga menjadi milik bersama dan dapat diterima oleh masyarakat. Menurut Koentjaraningrat (2003: 72) kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar.            Kultur dijadikan sebagai pedoman hidup bersama bagi kelompok masyarakat, yang mencakup cara berfikir, perilaku, sikap, nilai yang tercermin baik dalam wujud fisik maupun non-fisik. Yang berwujud fisik ditampakan dalam bentuk artifak, sedangkan yang non-fisik dimanifestasikan dalam bentuk kegiatan social dan seni. Secara alamiah suatu kultur akan diwariskan dari suatu generasi kepada generasi berikutnya. Kultur atau budaya adalah sesuatu kebiasaan atau pola perilaku normatif yang merupakan hasil olah pikir, olah rasa, dan cara bertindak. Salah satu ilmuwan yang banyak memberikan sumbangan penting dalam hal ini adalah antropolog dari Amerika Serikat yakni Clifford Geertz. Antropolog ini mendefinisikan kultur sebagai suatu pola pemahaman terhadap fenomena sosial, yang terekspresikan secara eksplisit maupun implisit.

Sekolah merupakan salah satu tempat berkembangnya pewarisan kultur dari generasi ke generasi berikutnya. Pengertian kultur sekolah beraneka ragam. Salah satunya yang dinyatakan Stolp dan Smith (1995: 78-86) bahwa kultur sekolah adalah suatu pola asumsi dasar hasil invensi atau penemuan oleh suatu kelompok tertentu saat ia belajar mengatasi masalah-masalah yang berhasil baik serta dianggap valid dan akhirnya diajarkan ke warga baru sebagai cara-cara yang dianggap benar dalam memandang, memikirkan, dan merasakan masalah-masalah tersebut.

Kultur sekolah merupakan bentuk komitmen bersama yang dipakai untuk melakukan hidup bersama serta diterapkan memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi sekolah dalam mencetak lulusan yang cerdas dan berakhlak mulia. Para ahli lain mendefinisikan budaya sekolah sebagai sebagai sebuah sistem orientasi bersama (norma-norma, nilai-nilai, dan asumsi-asumsi dasar) yang dipegang oleh warga sekolah, yang akan menjaga kebersamaan unit dan memberikan identitas yang berbeda dari sekolah lain. Jadi, kultur sekolah sebagai keyakinan dan nilai-nilai milik bersama yang menjadi pengikat kuat kebersamaan mereka sebagai suatu warga masyarakat sekolah.

Dengan bahasa lain dapat dikatakan bahwa budaya sekolah adalah suatu pola asumsi-asumsi dasar, nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaankebiasaan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah, yang diyakini dan telah terbukti dapat dipergunakan untuk menghadapi berbagai problem dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan melakukan integrasi internal, sehingga pola nilai dan asumsi tersebut dapat diajarkan kepada anggota dan generasi baru agar mereka memiliki pandangan yang tepat bagaimana seharusnya mereka memahami, berpikir, merasakan dan bertindak menghadapi berbagai situasi dan lingkungan yang ada. Kultur sekolah diyakini memiliki peran dalam menghasilkan kinerja yang terbaik pada masing-masing individu, kelompok kerja atau unit kerja sekolah. Oleh karena itu, sekolah sebagai satu institusi, perlu membangun hubungan sinergitas antarwarga sekolah yang positif agar memperbaiki kualitas sekolah yang bersangkutan. Beberapa kajian menunjukkan salah satu faktor penghambat pencapaian prestasi sekolah ialah kultur atau budaya sekolah. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kualitas sekolah perlu dilakukan melalui sentuhan budaya sekolah terlebih dahulu jika mutu pendidikan ingin diperbaiki. Jika ditinjau dari usaha peningkatan kualitas sekolah, ada tiga jenis kultur sekolah :

1.      Kultur yang positif, adalah kegiatan-kegiatan yang mendukung (pro) peningkatan kualitas pendidikan. Misalnya kerjasama dalam mencapai prestasi, penghargaan terhadap yang berprestasi, dan komitmen terhadap belajar.

2.      Kultur sekolah negatif, adalah kegiatan-kegiatan yang kontra peningkatan kualitas pendidikan. Misalnya siswa takut berbuat salah, siswa takut bertanya/mengemukakan pendapat, siswa jarang melakukan kerjasama dalam memecahkan masalah.

3.      Kultur sekolah yang netral di antaranya adalah: acara arisan keluarga sekolah, seragam guru, dll.

IDENTIFIKASI KULTUR SEKOLAH

Beberapa hal yang dapat diidentifikasikan sebagai kultur sekolah, misalnya:

1.      Artifak

a.       dapat diamati seperti: arsitektur, tata ruang, eksterior dan interior, kebiasaan dan rutinitas, peraturan-peraturan, cerita-cerita, upacaraupacara, ritus-ritus, simbol, logo, slogan, bendera, gambar-gambar, tandatanda, sopan santun, cara berpakaian.

b.      tak dapat diamati: berupa norma-norma kelompok atau cara-cara tradisional berperilaku yang telah lama dimiliki kelompok.

2.      Nilai-nilai dan keyakinan: Nilai dan keyakinan yang ada di sekolah dan menjadi ciri utama sekolah, misalnya: ungkapan Rajin Pangkal Pandai; Air Beriak Tanda Tak Dalam, dan berbagai penggambaran nilai dan keyakinan lain

MACAM-MACAM KULTUR SEKOLAH

Kultur sekolah sangat mempengaruhi perubahan sikap maupun prilaku dari warga sekolah. Kultur sekolah sendiri dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kultur sekolah yang positif, kultur sekolah yang negatif dan kultur sekolah yang netral, yaitu:

1.      Kultur sekolah positif meliputi kegiatan-kegiatan yang mendukung (pro) pada peningkatan kualitas pendidikan, terdiri dari

a)      Ada ambisi untuk meraih prestasi, pemberian penghargaan pada yang berprestasi;

b)      Hidup semangat menegakan sportivitas, jujur, mengakui keunggulan pihak lain;

c)      Saling menghargai;

d)      Trust (saling menghargai).

2.      Kultur sekolah negatif meliputi kegiatan-kegiatan yang tidak mendukung (kontra) pada peningkatan kualitas pendidikan, terdiri dari:

a)      Banyak jam kosong dan absen dari tugas

b)      Terlalu permisif terhadap pelanggaran nilai-nilai moral

c)      Adanya friksi yang mengarah pada perpecahan, terbentuknya kelompok yang saling menjatuhkan

d)      Menekan pada nilai pelajaran bukan pada kemampuan.

3.      Kultur sekolah netral meliputi kegiatan yang kurang berpengaruh positif maupun negatif pada peningkatan kualitas pendidikan, terdiri dari:

a)      Seragam guru

b)      Kegiatan arisan sekolah, jumlah fasilitas sekolah dan sebagainya. (Farida Hanum, 2013: 206).

Terciptanya kultur sekolah tidak lain adalah untuk memperbaiki kinerja sekolah meliputi kepala sekolah, guru, siswa, karyawan maupun orang tua siswa, hanya akan terjadi manakala kualifikasi budaya sekolah tersebut sehat, solid, kuat, positif, dan profesional. Artinya, bahwa budaya sekolah menjadi komitmen luas bagi warga dan menjadi kepribadian sekolah, serta didukung oleh stakeholder sekolah. Dengan budaya sekolah yang sehat, suasana kekeluargaan, kolaborasi, semangat untuk maju, dorongan bekerja keras dan kultur belajar mengajar yang bermutu dapat diciptakan. Siswa dan guru akan saling bekerjasama untuk berperilaku yang baik, bekerja maksimal, meletakkan target tertinggi serta mewaspadai adanya kultur negative yang menyimpang dari norma-norma, nilai-nilai, dan keyakinan yang menjadi komitmen bersama.

Perbaikan sistem persekolahan pada intinya adalah membangun sekolah dengan kekuatan utama sekolah tersebut. Perbaikan mutu sekolah perlu memahami budaya sekolah sebagai modal dasarnya. Melalui pemahaman budaya sekolah, maka aneka permasalahan sekolah dapat diketahui dan pengalaman-pengalamannya dapat direfleksikan. Setiap sekolah memiliki keunikan berdasarkan pola interaksi komponen sekolah secara internal dan eksternal. Oleh sebab itu, dengan memahami ciri-ciri kultural sekolah akan dapat diusahakan tindakan nyata untuk perbaikan mutu.

Nilai-nilai, keyakinan dan asumsi-asumsi kehidupan itu begitu kuat dan dan tidak mudah diamati serta sangat sukar diubah. Jika pencapaian mutu memerlukan upaya mengubah kondisi dan perilaku sekolah dan warga sekolah maka peran kondisi kultural menjadi sangat sentral. Hanya perubahan nilai-nilai yang diyakini sekolah sajalah yang dapat menggerakkan usaha perbaikan mutu sekolah dalam jangka panjang. Karena hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan dengan strategi structural tidak berhasil mengubah keadaan, dan kalaupun mampu hanyalah perubahan jangka pendek (Kotter, dalam Moerdiyanto 1996:123).

Secara karakteristik kultur sekolah terdiri dari kultur positif dan kultur negatif. Kultur positif adalah budaya yang membantu mutu sekolah dan mutu kehidupan bagi warganya. Mutu kehidupan warga yang diharapkan adalah warga yang sehat, dinamis, aktif, dan profesional. Kultur positif ini akan memberi peluang sekolah beserta warganya berfungsi secara optimal, bekerja secara efisien, energik, penuh vitalitas, memiliki semangat tinggi, dan akan mampu terus berkembang. Kultur positif ini harus terus menerus dikembangkan dari kohor siswa ke kohor siswa berikutnya, dan dari kelompok satu ke kelompok lainnya. Kultur positif dan kuat memiliki kekuatan dan menjadi modal dalam melakukan perubahan dan perbaikan.

Sedangkan kultur negatif adalah budaya yang organisasi yang bersifat anarkhis, negatif, beracun, bias, dan dominatif. Sekolah yang merasa puas dengan yang apa yang telah dicapai merupakan bagian dari kultur negatif, karena mereka cenderung tidak ingin melakukan perubahan dan takut mengambil risiko terhadap perubahan.Akibatnya kualitas akan menurun. Kultur sekolah bersifat dinamis, sehingga perubahan pola perilaku dapat mengubah sistem nilai dan keyakinan pelaku dan bahkan mengubah sistem asumsi yang ada, walaupun ini sangat sulit. Namun yang jelas dinamika kultur sekolah dapat saja menghadirkan konflik dan jika ini ditangani dengan bijak dan sehat dapat membawa perubahan positif. Kultur sekolah itu milik kolektif dan merupakan perjalanan sejarah sekolah, produk dari berbagai kekuatan yang masuk ke sekolah. Sekolah perlu menyadari secara serius mengenai keberadaan aneka kultur subordinasi yang ada seperti kultur sehat dan tidak sehat, kultur kuat dan lemah, kultur positif dan negatif dan konsekuensinya terhadap perbaikan sekolah.

Menurut Kotter memberikan gambaran tentang kultur dengan melihat dua lapisan. Lapisan pertama sebagian dapat diamati dan sebagian lainnya tidak diamati. Lapisan yang bisa diamati antara lain desain arsitektur gedung, tata ruang, desain eksterior dan interior sekolah, kebiasaan, peraturan-peraturan, cerita-cerita, kegiatan upacara, ritual, simbol-simbol, logo, slogan, bendera, gambar-gambar yang dipasang, tanda-tanda yang dipasang, sopan santun, cara berpakaian warga sekolah (dalam Moerdiyanto, 1996: 167-178)

Sedangkan hal-hal di balik itu tidak dapat diamati, tidak kelihatan dan tidak dapat dimaknai dengan segera. Lapisan pertama ini berintikan norma perilaku bersama warga organisasi yang berupa norma-norma kelompok, cara-cara tradisional berperilaku yang telah lama dimiliki suatu kelompok masyarakat (termasuk sekolah), Norma-norma perilaku ini sulit diubah, yang biasa disebut sebagai artifak.

Lapisan kedua merupakan nilai-nilai bersama yang dianut kelompok berhubungan dengan apa yang penting, yang baik, dan yang benar. Lapisan kedua ini semuanya tak dapat diamati karena terletak dalam kehidupan bersama. Kultur pada lapisan kedua ini sangat sulit atau bahkan sangat kecil kemungkinannya untuk diubah serta memerlukan waktu yang lama.

Kultur sekolah beroperasi secara tidak disadari oleh para pendukungnya dan telah lama diwariskan secara turun temurun. Kultur mengatur prilaku dan hubungan internal serta eksternal. Hal ini perlu dipahami dan digunakan dalam mengembangkan kultur sekolah. Nilai-nilai baru yang diinginkan tidak akan segera dapat beroperasi bila berhadapan/berbenturan dengan nilai-nilai lama yang telah berurat berakar akan dapat menghambat introduksi perilaku baru yang diinginkan

 

 

REFERENSI

http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808327/pengabdian/1pengembangan-kultur-sekolah.pdf

https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21413141013.pdf

Komentar